51 Kata Mutiara Al Qur’an Penyejuk Hati

Kata Mutiara Al Qur’an Penyejuk Hati memang selalu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Ayat-ayat suci yang terkandung dalam Al Qur’an mengajarkan tentang kebaikan, kebenaran, dan kebahagiaan dalam hidup. Kata-kata ini dapat memotivasi kita untuk mencapai tujuan, menghadapi rintangan, serta mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.

1. Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir. (QS. Yusuf: 87)

2. Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah akan memudahkan jalan baginya. (QS. At-Talaq: 4)

3. Dan siapakah yang akan memberi selain dari pada Allah, rezeki kepada kamu jika Allah tidak menghendaki bagimu. (QS. Al-Ankabut: 60)

4. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. (QS. Al-Insyirah: 5-6)

5. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al-Insyirah: 5-6)

6. Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa api neraka. (QS. Al-Baqarah: 201)

7. Sesungguhnya kesabaran itu adalah yang paling baik bagi orang yang sabar. (QS. Yusuf: 83)

8. Maka ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS. Al-Baqarah: 152)

9. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (QS. Al-Baqarah: 286)

10. Dan kami tidak menguji seseorang melampaui batas kesanggupannya. (QS. Al-Baqarah: 286)

11. Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung. (QS. Al-Imran: 200)

12. Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Az-Zumar: 53)

13. Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya jalan keluar. (QS. At-Talaq: 2-3)

14. Dan Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar-Ra’d: 11)

15. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu. (QS. An-Nisa: 29)

16. Dan janganlah kamu merasa lelah dan janganlah pula merasa sedih, padahal kamu adalah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (QS. Ali Imran: 139)

17. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil-kecilnya, niscaya ia akan melihat (balasan)nya. (QS. Az-Zalzalah: 7-8)

18. Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong. Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali tidak akan sampai setinggi gunung. (QS. Al-Isra: 37)

19. Sesungguhnya Allah sebenarnya mengasihi orang-orang yang bertakwa. (QS. Ali Imran: 76)

20. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar-Ra’d: 11)

21. Dan Allah menghendaki memimpin kamu kepada kebenaran dengan perkataan-perkataan-Nya, dan memotong kekafiran seperti pangkalnya. (QS. Al-Anfal: 7)

22. Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. (QS. At-Thalaq: 2-3)

23. Sesungguhnya Allah bersama-sama orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah: 153)

24. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. Ar-Rahman: 13)

25. Sesungguhnya Allah akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (QS. Al-Hajj: 40)

26. Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. (QS. At-Thalaq: 2-3)

27. Dan janganlah kamu membuang dirimu ke dalam kebinasaan dengan perbuatan-perbuatanmu sendiri dan janganlah kamu membantu orang lain untuk membinasakan dirimu. (QS. Al-Baqarah: 195)

28. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. (QS. Al-Baqarah: 143)

29. Dan tidaklah patut bagi orang-orang yang beriman untuk keluar (pergi berperang) semuanya. Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama (Islam) dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepada mereka, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya (dari siksaan). (QS. At-Tawbah: 122)

30. Katakanlah sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, niscaya habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, walaupun Kami datangkan tambahan sebanyak itu. (QS. Al-Kahfi: 109)

31. Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungjawaban. (QS. Al-Isra: 36)

32. Dan janganlah kamu menghancurkan dirimu sendiri. Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengasih kepadamu. (QS. An-Nisa: 29)

33. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil-kecilnya, niscaya ia akan melihat balasan kebaikan itu. (QS. Az-Zalzalah: 7-8)

34. Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa api neraka. (QS. Al-Baqarah: 201)

35. Dan janganlah kamu merasa lelah dan janganlah pula merasa sedih, padahal kamu adalah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (QS. Ali Imran: 139)

36. Dan tidaklah patut bagi orang-orang yang beriman untuk keluar (pergi berperang) semuanya. Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama (Islam) dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepada mereka, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya (dari siksaan). (QS. At-Tawbah: 122)

37.