50+ Kata-kata Bijak Dalam Al Quran Tentang Cinta

Kata-kata Bijak Dalam Al Quran Tentang Cinta selalu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang dalam berbagai aspek kehidupan. Ayat-ayat ini mengajarkan tentang kekuatan cinta dalam mencapai tujuan dan menghadapi rintangan. Di sini, kami telah mengumpulkan lebih dari 51 contoh Kata-kata Bijak Dalam Al Quran Tentang Cinta yang akan memotivasi Anda untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.

1. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa ketenangan dan kedamaian hatimu, dan dijadikan-nya di antaramu rasa kasih sayang dan belas kasihan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah yang banyak. (QS. Ar-Rum 30:21)

2. Katakanlah kepada orang yang beriman, agar mereka mengurangi pandangan mereka dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. (QS. An-Nur 24:30)

3. Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka tidak tercela. (QS. Al-Mu’minun 23:5-6)

4. Dan janganlah kamu menghampiri zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al-Isra 17:32)

5. Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik, sampai dia mencapai umur dewasa. (QS. Al-An’am 6:152)

6. Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah satu dosa besar. (QS. Al-Isra 17:31)

7. Dan janganlah kamu memakan harta sesama kalian dengan cara yang zalim, dan janganlah kamu menyuap hakim dengan maksud agar kamu dapat memakan harta orang lain dengan cara yang tidak benar. (QS. Al-Baqarah 2:188)

8. Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan harta dengan sia-sia, sesungguhnya mereka yang membuang-buangkan hartanya dengan sia-sia adalah saudara-saudara syaitan. (QS. Al-Isra 17:26-27)

9. Dan janganlah kamu berbuat derma dengan menyebut-nyebutkan derma itu atau dengan mengecewakan orang yang diberi derma, seperti orang yang menafkahkan hartanya karena ingin dipuji orang, padahal ia tidak beriman kepada Allah dan hari akhirat. (QS. Al-Baqarah 2:264)

10. Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan sombong. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri. (QS. Luqman 31:18)

11. Dan janganlah kamu saling menghina atau mengejek satu sama lain. Mungkin saja yang kamu hina lebih baik dari kamu di sisi Allah. Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang yang sombong dan membanggakan diri. (QS. Al-Hujurat 49:11)

12. Dan janganlah kamu membenci suatu kaum karena kesalahan yang mereka lakukan kepadamu. Maafkanlah dan janganlah kamu terus memikirkan kesalahan mereka, karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. (QS. Al-Hujurat 49:13)

13. Dan janganlah kamu kecewa dan janganlah kamu berputus asa, sesungguhnya kamu akan mendapat pertolongan dari Allah. (QS. Al-Imran 3:139)

14. Dan janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah kamu meratap, sebab sesungguhnya kamu adalah orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu beriman. (QS. Ali Imran 3:139)

15. Dan janganlah kamu berputus asa terhadap rahmat Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Az-Zumar 39:53)

16. Dan janganlah kamu lalai dalam mengejar kebahagiaan dunia, sehingga kamu lupa bahwa kamu akan mempertanggungjawabkan segala perbuatanmu di hadapan Allah. (QS. Al-Qasas 28:77)

17. Dan janganlah kamu terlalu takut kepada musuh-musuhmu, sebab sesungguhnya Allah beserta kamu dan Dia tidak akan membiarkan kamu merugi. (QS. Al-Imran 3:160)

18. Dan janganlah kamu berpaling dari kebenaran, sebab kebenaran akan selalu memenangkanmu di akhirat kelak. (QS. Al-Baqarah 2:42)

19. Dan janganlah kamu merasa lelah dalam berbuat kebaikan, sebab sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan usahamu. (QS. Al-Hujurat 49:15)

20. Dan janganlah kamu merasa rendah diri dalam berdoa kepada Allah, sebab Dia Maha Kuasa dan Maha Mendengar. (QS. Ghafir 40:60)

21. Dan janganlah kamu berpaling dari orang-orang yang membutuhkan pertolonganmu, sebab sesungguhnya Allah akan memberikanmu balasan yang lebih baik di akhirat. (QS. Adz-Dzariyat 51:19)

22. Dan janganlah kamu meminta sesuatu yang tidak kamu miliki, sebab sesungguhnya kamu akan merugi. (QS. Al-Isra 17:29)

23. Dan janganlah kamu membalas kebaikan dengan kejahatan atau penghinaan, sebab sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berbuat kejahatan. (QS. Al-Mu’minun 23:96)

24. Dan janganlah kamu berbicara dengan kata-kata yang kasar atau memaki-maki orang lain, sebab sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Isra 17:37)

25. Dan janganlah kamu merasa bangga dengan kelebihan yang kamu miliki, sebab sesungguhnya kelebihan itu hanyalah pemberian dari Allah. (QS. An-Nahl 16:18)

26. Dan janganlah kamu berprasangka buruk terhadap sesama, sebab sesungguhnya keburukan itu lebih mudah ditemukan daripada kebaikan. (QS. Al-Hujurat 49:12)

27. Dan janganlah kamu membanggakan diri dengan kekayaan yang kamu miliki, sebab sesungguhnya kekayaan itu hanyalah perhiasan dunia. (QS. Al-Hadid 57:20)

28. Dan janganlah kamu merasa iri hati terhadap orang yang diberi karunia oleh Allah, sebab sesungguhnya karunia itu hanya diberikan oleh Allah. (QS. An-Nisa 4:54)

29. Dan janganlah kamu menghina orang yang tidak memiliki kecukupan dalam hidupnya, sebab sesungguhnya Allah Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (QS. An-Nur 24:22)

30. Dan janganlah kamu berjanji dengan nama Allah untuk melakukan sesuatu yang tidak kamu penuhi, sebab sesungguhnya kebohongan itu adalah dosa besar. (QS. Al-Baqarah 2:224)

31. Dan janganlah kamu berlaku sombong dalam berbicara, sebab sesungguhnya sombong itu adalah tindakan yang tidak baik dan tidak disukai oleh Allah. (QS. Luqman 31:18)

32. Dan janganlah kamu berlebihan dalam makan dan minum, sebab sesungguhnya kelebihan itu akan merusak kesehatanmu. (QS. Al-A’raf 7:31)

33. Dan janganlah kamu mengejar