50+ Kata-kata Semangat Kerja Dalam Bahasa Jawa

Kata-kata Semangat Kerja Dalam Bahasa Jawa yang Inspiratif

Kepiye kabare, sahabat? Apa kabar semangatmu dalam mengejar impian dan meraih kesuksesan? Jangan pernah menyerah dan teruslah berjuang, karena setiap rintangan dan kegagalan akan membawa kita semakin dekat dengan keberhasilan. Berikut adalah 51 contoh kata-kata semangat kerja dalam bahasa Jawa yang bisa memberikan inspirasi dan motivasi dalam menjalani kehidupan.

1. Urip iku mung mampir ngombe, ora mampir ndadi sugih. (Artinya: Hidup hanya singgah sebentar untuk minum, tidak untuk menjadi kaya.)
2. Saben dino mesti mampir nang setasiun penghalang, sing penting ora mbatali ndadekno. (Artinya: Setiap hari pasti menghadapi rintangan, yang penting tidak menyerah untuk mengatasinya.)
3. Kerjo seko awakmu, mung kerjo seko atimu. (Artinya: Bekerja untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.)
4. Mangan ora mangan asal kumpul, ngomong ora ngomong asal suguh. (Artinya: Yang penting adalah berkumpul, bukan makan atau tidak makan. Yang penting adalah memberikan penghargaan, tidak peduli apa yang dikatakan.)
5. Aja nggrungokno saka rong ora ngembatno sawise. (Artinya: Jangan mengeluh tentang kegagalan, pelajari dari itu dan bergerak maju.)
6. Kudu sabar, kudu ngati-ati, kudu tansah semangat. (Artinya: Harus sabar, harus hati-hati, harus selalu semangat.)
7. Nanging kowe ora usah ngalah, mung jembar lan adil. (Artinya: Tapi jangan pernah menyerah, hanya tegak dan adil.)
8. Ora keno nggenjotake, kudu keno nggabungake. (Artinya: Bukan mempercepat, melainkan menggabungkan.)
9. Usaha ora bakal selamet, nanging durung usaha bakal durung selamet. (Artinya: Tidak ada jaminan kesuksesan dalam usaha, tetapi jika tidak berusaha, pasti akan gagal.)
10. Muga-muga panjenengan saged sukses, seiring karo konsistensi lan kerja keras. (Artinya: Semoga Anda sukses, seiring dengan konsistensi dan kerja keras.)
11. Kudu jembar, ora irit-irit amarga ora bakal bisa ngarani sithik-sithik. (Artinya: Harus berani, jangan pelit karena tidak bisa mencapai sedikit-sedikit.)
12. Ora keno nggosok, kudu keno nggojegake. (Artinya: Bukan menggosok, tetapi mengambil tindakan.)
13. Gawe kowe, mung gawe kowe, lan jangan ngomongin liyane. (Artinya: Fokus pada pekerjaanmu, jangan membicarakan orang lain.)
14. Mugi-mugi ora metu saka jero atimu, lan ora keno mendem setya saka wong liya. (Artinya: Semoga keberanianmu tidak hilang, dan jangan mencari kepercayaan dari orang lain.)
15. Kudu nyekel, kudu ngartosake, kudu prasaja. (Artinya: Harus fokus, harus memahami, harus komitmen.)
16. Nanging ora nganti nduwur, mung ora nganti saiki, lan ora nganti awit. (Artinya: Tidak sampai ke atas, hanya sampai sekarang, dan tidak di awal.)
17. Kita sing gawe, sakjane kudu bener, sing bener, sakjane kudu gawe. (Artinya: Yang dilakukan harus benar, yang benar harus dilakukan.)
18. Aja mung kowe sing arep, kudu sinau nindakake. (Artinya: Jangan hanya merencanakan, tetapi juga belajar untuk mengambil tindakan.)
19. Ora ana wong sing ora biso ngomong, ana wong sing ora biso ngelakoni. (Artinya: Tidak ada yang tidak bisa berkata, tidak ada yang tidak bisa dilakukan.)
20. Mugi-mugi panjenengan ora kepingin rugi, mung rusak siji, sing penting ora nyirok setunggal. (Artinya: Semoga Anda tidak ingin rugi, bahkan satu kerusakan, yang penting tidak merugikan siapa pun.)
21. Saben dino mesti mampir nang panggonan anyar, sing penting ora mbatali ndadekno. (Artinya: Setiap hari harus mencari tempat baru, yang penting tidak menyerah untuk mencapainya.)
22. Kudu wani, kudu seneng, kudu semangat. (Artinya: Harus berani, harus bahagia, harus semangat.)
23. Ora keno nggandhulake, kudu keno nggojegake. (Artinya: Bukan menunggu, tetapi mengambil tindakan.)
24. Ora keno koyo wong liya, kudu keno karo kanggo ngarepake. (Artinya: Bukan seperti orang lain, tetapi berharap.)
25. Gawe kowe, mung gawe kowe, lan ora keno ngomongin liyane. (Artinya: Fokus pada pekerjaanmu, jangan membicarakan orang lain.)
26. Mugi-mugi ora metu saka jero atimu, lan ora keno mendem setya saka wong liya. (Artinya: Semoga keberanianmu tidak hilang, dan jangan mencari kepercayaan dari orang lain.)
27. Kudu nyekel, kudu ngartosake, kudu prasaja. (Artinya: Harus fokus, harus memahami, harus komitmen.)
28. Nanging ora nganti nduwur, mung ora nganti saiki, lan ora nganti awit. (Artinya: Tidak sampai ke atas, hanya sampai sekarang, dan tidak di awal.)
29. Aja mung kowe sing arep, kudu sinau nindakake. (Artinya: Jangan hanya merencanakan, tetapi juga belajar untuk mengambil tindakan.)
30. Ora ana wong sing ora biso ngomong, ana wong sing ora biso ngelakoni. (Artinya: Tidak ada yang tidak bisa berkata, tidak ada yang tidak bisa dilakukan.)
31. Mugi-mugi panjenengan ora kepingin rugi, mung rusak siji, sing penting ora nyirok setunggal. (Artinya: Semoga Anda tidak ingin rugi, bahkan satu kerusakan, yang penting tidak merugikan siapa pun.)
32. Saben dino mesti mampir nang panggonan anyar, sing penting ora mbatali ndadekno. (Artinya: Setiap hari harus mencari tempat baru, yang penting tidak menyerah untuk mencapainya.)
33. Kudu wani, kudu seneng, kudu semangat. (Artinya: Harus berani, harus bahagia, harus semangat.)
34. Ora keno nggandhulake, kudu keno nggojegake. (Artinya: Bukan menunggu, tetapi mengambil tindakan.)
35. Ora keno koyo wong liya, kudu keno karo kanggo ngarepake. (Artinya: Bukan seperti orang lain, tetapi berharap.)
36. Saben dino mesti mampir nang panggonan anyar, sing penting ora mbatali ndadekno. (Artinya: Setiap hari harus mencari tempat baru, yang penting tidak menyerah untuk mencapainya.)
37. Kudu wani, kudu seneng, kudu semangat. (Artinya: Harus berani, harus bahagia, harus semangat.)
38. Ora keno nggandhulake, kudu keno nggojegake. (Artinya: Bukan menunggu, tetapi mengambil tindakan.)
39. Ora keno koyo wong liya, kudu keno karo kanggo ngarepake. (Artinya: Bukan seperti orang lain, tetapi berharap.)
40. Aja ngupaya mung