51 Kata-kata Mutiara Islam Dari Hadits

Kata-kata mutiara Islam dari hadits selalu memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita untuk meraih tujuan, menghadapi rintangan, dan mencapai kesuksesan. Hadits merupakan sumber ajaran Islam yang mengajarkan tentang kehidupan yang penuh dengan hikmah dan kebijaksanaan. Oleh karena itu, banyak sekali kata-kata mutiara Islam dari hadits yang bisa menginspirasi kita dalam berbagai aspek kehidupan, seperti karir, hubungan, kesehatan, dan pertumbuhan pribadi.

Berikut ini adalah lebih dari 51 contoh kata-kata mutiara Islam dari hadits yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita.

1. Hendaklah kamu memohon kepada Allah dengan memperbanyak doa, karena tidak ada sesuatu yang lebih mendekatkan diri kepada Allah selain doa. (HR. Tirmidzi)

2. Tidak ada seorang muslim yang berdoa dengan doa yang lebih baik dari pada doa untuk meminta ampun dan rahmat Allah. (HR. Thabrani)

3. Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Janganlah kamu merasa rendah diri dan janganlah kamu merasa sombong, tapi tetaplah berada di antara keduanya. (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging yang jika baik, maka baiklah seluruh tubuhnya, dan jika buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu adalah hati. (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia berkata yang baik atau diam. (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Orang yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertakwa kepada Allah. (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Tidak ada kesulitan yang bertahan selamanya, dan tidak ada kemudahan yang berakhir selamanya. (HR. Ibnu Hibban)

9. Janganlah engkau berputus asa dari rahmat Allah, karena sesungguhnya Allah akan mengampuni dosa-dosa yang besar. (HR. Bukhari dan Muslim)

10. Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk tubuhmu atau harta yang kamu miliki, tapi Allah melihat pada hatimu dan amalmu. (HR. Muslim)

11. Sesungguhnya orang yang paling dekat dengan Allah adalah orang yang paling banyak membaca Al-Quran dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

12. Janganlah kamu memandang rendah sesuatu yang kecil, karena sesungguhnya gunung yang tinggi pun terbentuk dari butiran pasir yang kecil. (HR. Bukhari)

13. Sesungguhnya Allah tidak melihat pada umat manusia dari segi bentuk dan harta, tapi Allah melihat pada hati dan amal mereka. (HR. Muslim)

14. Sesungguhnya di dalam diri manusia terdapat empunya yang menginginkan kebaikan dan empunya yang menginginkan kejahatan. Jika mereka berperang, maka yang menang adalah empunya yang menginginkan kebaikan. (HR. Muslim)

15. Barang siapa yang memperbaiki hubungannya dengan Allah, maka Allah akan memperbaiki hubungannya dengan manusia. (HR. Bukhari dan Muslim)

16. Janganlah kamu memperbanyak bicara jika kamu tidak dapat mengucapkan kata-kata yang baik. (HR. Tirmidzi)

17. Barang siapa yang menunjukkan kebaikan kepada orang lain, maka Allah akan menunjukkan kebaikan kepadanya. (HR. Bukhari dan Muslim)

18. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar-Ra’d: 11)

19. Sesungguhnya orang yang paling pandai adalah orang yang paling banyak bertakwa kepada Allah. (HR. Bukhari)

20. Janganlah kamu memperbanyak bicara tentang hal-hal yang tidak berguna, karena itu akan menyia-nyiakan waktu dan membuatmu merugi di akhirat. (HR. Tirmidzi)

21. Sesungguhnya Allah lebih menyukai hamba-Nya yang sabar dan tawakal. (HR. Bukhari)

22. Sesungguhnya keberhasilan itu adalah milik orang yang sabar. (QS. Al-Anfal: 46)

23. Barang siapa yang memperjuangkan hak saudaranya, maka Allah akan memperjuangkan haknya di akhirat. (HR. Tirmidzi)

24. Sesungguhnya Allah senang jika hamba-Nya berdoa kepada-Nya dengan rasa takut dan harapan yang sama. (HR. Tirmidzi)

25. Sesungguhnya kesulitan datang setelah kemudahan, dan kemudahan datang setelah kesulitan. (QS. Al-Insyirah: 5-6)

26. Janganlah kamu merasa sombong terhadap orang lain karena kesombongan akan merusak amal dan membuatmu dihinakan di akhirat. (HR. Muslim)

27. Barang siapa yang bersyukur kepada Allah, maka Allah akan menambah nikmat-Nya kepadanya. (HR. Ahmad)

28. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian adalah orang yang paling bertakwa. (QS. Al-Hujurat: 13)

29. Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sampai mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (HR. Thabrani)

30. Sesungguhnya Allah senang jika hamba-Nya berdoa dengan rasa takut dan harapan yang sama. (HR. Tirmidzi)

31. Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk tubuhmu atau harta yang kamu miliki, tapi Allah melihat pada hatimu dan amalmu. (HR. Muslim)

32. Sesungguhnya di dalam diri manusia terdapat empunya yang menginginkan kebaikan dan empunya yang menginginkan kejahatan. Jika mereka berperang, maka yang menang adalah empunya yang menginginkan kebaikan. (HR. Muslim)

33. Sesungguhnya orang yang paling dekat dengan Allah adalah orang yang paling banyak membaca Al-Quran dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

34. Sesungguhnya Allah tidak memandang pada bentuk tubuh manusia, tapi Allah memandang pada hati dan amal manusia. (HR. Muslim)

35. Sesungguhnya kebahagiaan terletak pada hati yang tenang dan pikiran yang damai. (HR. Ahmad)

36. Barang siapa yang memperbanyak zikir kepada Allah, maka Allah akan memudahkan segala urusannya. (HR. Tabrani)

37. Janganlah kamu merasa rendah diri dan janganlah kamu merasa sombong, tapi tetaplah berada di antara keduanya. (HR. Bukhari dan Muslim)

38. Barang siapa yang memperbaiki hubungannya dengan Allah, maka Allah akan memperbaiki hubungannya dengan manusia. (HR. Bukhari dan Muslim)

39. Sesungguhnya orang yang paling pandai adalah orang yang paling banyak bertakwa kepada Allah. (HR. Bukhari)

40. Sesungguhnya Allah tidak akan membebani seseorang melampaui kemampuannya. (QS. Al-Baqarah: 286)

41. Janganlah kamu memperbanyak bicara tentang hal-hal yang tidak berguna, karena itu akan menyia-nyiakan waktu dan membuatmu merugi di akhirat. (HR. Tirmidzi)

42. Sesungguhnya Allah lebih menyukai hamba-Nya yang sabar dan tawakal. (HR. Bukhari)

43. Sesungguhnya keberhasilan itu adalah milik orang yang sabar. (QS. Al-Anfal: 46)

44. Barang siapa yang memperjuangkan hak saudaranya, maka Allah akan memperjuangkan haknya di akhirat. (HR. Tirmidzi)

45. Sesungguhnya Allah senang jika hamba-Nya berdoa dengan r