50+ Kata-kata Motivasi Belajar Al Quran

Al Quran adalah kitab suci bagi umat Muslim yang penuh dengan hikmah dan pelajaran bermanfaat untuk kehidupan. Selain sebagai pedoman spiritual, Al Quran juga memberikan motivasi dan inspirasi bagi kita untuk terus belajar, berkembang, dan meraih kesuksesan dalam hidup.

Berikut adalah lebih dari 51 contoh kata-kata motivasi belajar Al Quran yang dapat menginspirasi pembaca untuk meraih tujuan, menghadapi rintangan, dan mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan:

1. Dan sungguh, kami telah mempermudah Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (Al-Qamar: 17)

2. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (Al-Insyirah: 5-6)

3. Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (Ar-Ra’d: 11)

4. Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir. (Yusuf: 87)

5. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (Ar-Ra’d: 11)

6. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? (Ar-Rahman: 13)

7. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al-Baqarah: 153)

8. Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung pada niatnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

9. Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong. Sesungguhnya kamu tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan setinggi gunung. (Al-Isra’: 37)

TRENDING:  51 Kata-kata Mutiara Belajar Al Quran

10. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri. (Ar-Ra’d: 11)

11. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. (Al-Baqarah: 153)

12. Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (At-Talaq: 3)

13. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (Al-Baqarah: 286)

14. Dan janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (Ali Imran: 139)

15. Dan ingatlah, jika kamu berbuat baik, maka sesungguhnya kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Kemudian kepada Tuhanmulah kamu semua dikembalikan. (Al-Isra’: 7)

16. Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Az-Zumar: 53)

17. Sesungguhnya orang-orang yang sabar akan diberi pahala tanpa batas. (Az-Zumar: 10)

18. Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah nasib yang ada pada diri mereka sendiri. (Ar-Ra’d: 11)

19. Dan ingatlah, apabila kamu dalam keadaan remuk-reduk, maka sesungguhnya di situlah kesuksesanmu. (Al-Imran: 139)

TRENDING:  50+ Kata-kata Motivasi Belajar Dalam Al Quran

20. Dan janganlah kamu berputus asa dari kehidupan di dunia ini, dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tidak berputus asa dari rahmat Allah melainkan orang-orang yang kafir. (Yusuf: 87)

21. Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar yang baik (baginya), dan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (At-Talaq: 2-3)

22. Dan janganlah kamu mengira bahwa Allah lengah terhadap perbuatan-perbuatan yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai datang waktu yang tertentu, lalu Dia membinasakan mereka secara tiba-tiba, sedangkan mereka tidak menyadari (akan datangnya azab itu). (Ibrahim: 42-43)

23. Sesungguhnya Allah tidak mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah nasib yang ada pada diri mereka sendiri. (Ar-Ra’d: 11)

24. Sesungguhnya orang-orang yang berkata: ‘Tuhan kami ialah Allah’, kemudian mereka tetap lurus, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al-Ahqaf: 13)

25. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. (At-Thalaq: 2-3)

26. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam kebun-kebun surga dan sungguh-sungguh merasakan kenikmatan yang diberikan oleh Tuhannya. Ingatlah, bahwa kamu telah selalu hidup dalam kenikmatanmu di dunia, tetapi kamu akan diberi kemasukan ke dalam surga yang lebih indah lagi. (Ad-Dukhan: 51-54)

TRENDING:  51 Kata-kata Motivasi Belajar Dalam Islam

27. Dan janganlah kamu putus asa terhadap kehidupan di dunia ini dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya kamu tidak akan kehilangan harapan dari rahmat Allah kecuali orang-orang yang kafir. (Yusuf: 87)

28. Wahai orang-orang yang beriman, janganlah tunduk dan bersujudlah dan sembahlah Tuhanmu dan kerjakanlah kebajikan, supaya kamu mendapat keberuntungan. (Al-Hajj: 77)

29. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (At-Talaq: 2-3)

30. Dan janganlah kamu mengira bahwa Allah lengah terhadap perbuatan-perbuatan yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai datang waktu yang tertentu, lalu Dia membinasakan mereka secara tiba-tiba, sedangkan mereka tidak menyadari (akan datangnya azab itu). (Ibrahim: 42-43)

31. Dan janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamu orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (Ali Imran: