Amankan komputer dari virus dengan Deepfreeze

Jika pc yang Anda miliki sering terkena virus meskipun sudah terpasang aplikasi antivirus, maka aplikasi ini sangat membantu dalam mengatasi hal tersebut.

Apalagi bagi yang memiliki usaha warnet ataupun Percetakan seperti digital printing yang memungkinkan keluar masuk flashdisk yang belum tentu bersih dari virus tentu akan rentan terkena virus tersebut, bahkan komputer pada Perusahaan  besar sekalipun sebenarnya akan lebih aman jika menggunakan aplikasi ini.



Nama aplikasi tersebut adalah deepfreeze, aplikasinya cukup ringan dan dijual dengan harga yang terjangkau. Tentu saja akan sebanding dengan manfaat yang di berikan.

Jika kita menggunakan operasi windows dengan 2 partisi (biasanya C dan D), seandainy kita asumsikan local disk C adalah tempat instalasi sistem operasi dan terkena virus, maka dengan hanya sekali restart saja, virus tersebut dapat di hilangkan.

Secara umum biasanya untuk disk C kita set untuk partisi installasi aplikasi dan konfigurasi system windows, sedangkan partisi D kita set untuk penyimpanan data.

Jika konfigurasinya demikian maka kita bisa mengunci local disk C dengan deep freeze agar sistem komputer kita bisa terlindungi dari perubahan yang disebabkan oleh virus.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan Mengeset ulang konfigurasi yang telah di kunci saat pc di restart atau setelah perangkat di matikan.

Jadi jika kita melakukan perubahan maupun konfigurasi , maka setelah direstart, kondisi akan tetap sama pada disk yang di lock dengan posisi saat terakhir dikunci.

Bahkan jika virus sekalipun yang melakukan perubahan kepada system. setelah kita Reboot PC, kondisinya akan kembali seperti semula.

Dari hal-hal tersebut bisa kita simpulkan beberapa manfaat maupun kekurangan dengan menggunakan aplikasi ini. diantaranya adalah :

Kelebihan :

- Local disk yang dikunci aman dari perubahan konfigurasi maupun error yang di sebabkan oleh virus maupun faktor Human error

- Dilengkapi dengan password

- Kendali penuh atas perubahan pada PC bagi user yang memiliki akses deep freeze (jika password di pasang)

- kita bisa melakukan testing instalasi aplikasi tanpa takut terjadi error pada perangkat ( saat deepfreeze kondisi dikunci)


Kekurangan :

- Merupakan aplikasi berbayar (untuk yang Pro)

- Jika kita lock salah satu partisi hardisk (contoh C), kita tidak bisa menyimpan dokumen maupun file lainnya selain di D. ( akan hilang setelah di restart)

- Harus Unlock deep freeze untuk melakukan perubahan pada sistem yang di kunci

- Uninstall aplikasi akan rumit jika password Deep freeze sampai lupa

Bagi yang berminat untuk mengunduhnya silahkan kunjungi situs web resminya di : Faronics

Post a Comment

0 Comments

close