Tentang solidworks

Solidworks adalah salah satu aplikasi yang di gunakan untuk engineering design and drawing. Software ini merupakan salah satu produk dari Dassault System Corp. Selain itu penggunaannya juga tidak jauh berbeda dengan software sejenis seperti Autodesk Inventor.

Jadi jika Anda sudah terbiasa dengan software sejenis, maka untuk menggunakan software ini pun Anda hanya membutuhkan sedikit adaptasi saja.

Tutorial solidwork lengkap terbaru bahasa indonesia

Seperti software CAD lainnya, Solidwork juga terdiri dari 3 jenis model kerja yaitu,
  • PART
  • ASSEMBLY
  • DRAWING

Untuk model kerja Part, kita bisa membuat beragam komponen di lembar kerja tersebut. Misalnya membuat sebuah part baut, blok mesin, atau objek lainnya.

Kemudian, jika kita membuat part yang terpisah-pisah kemudian ingin menggabungkannya, kita bisa menggunakan lembar kerja assembly.

Misalkan sebelumnya kita membuat part-part dari piston yang terdiri dari blok piston, piston dan cincin ring piston, kemudian kita ingin mengabungkan part piston dengan ring-ring piston yang sudah kita buat sebelumnya, kita bisa menggunakan lembar kerja assembly tersebut.

Untuk lembar kerja yang terakhir adalah Drawing. Drawing ini fungsinya adalah untuk membuat detailing dari sebuah objek 3D yang sudah kita buat sebelumnya. 

Dalam detailing ini, kita bisa memberikan keterangan ukuran, satuan yang di gunakan, bahan yang di gunakan pada produk gambar dan informasi lainnya sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Untuk menggunakan SolidWorks 2016 agar bisa di jalankan dengan baik, maka di butuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi sebagai berikut :

OS : Windows 7, 8.1, 10 64 bit.
RAM : 8 Gb or more.
Processor : Intel atau Amd yang support SSE2v (64 bit)
VGA : Lihat disini.

Sampai Artikel ini di tulis, Solidworks sendiri sudah sampai versi terbarunya yaitu Solidworks 2018. Saya sendiri menggunakan solidworks 2016 dengan spesifikasi Requirement sebagai berikut :

OS Windows 7 64 bit, windows 8.1 64 bit or windows 10 64 bit
Ram 8 GB or more
Disk space 5 GB
Intel or AMD with SSE2 SUpport 64 bit operating system

Meskipun demikian aplikasi ini tetap bisa di gunakan pada laptop saya dengan spesifikasi,

OS windows 10 64 Bit, Ram 4 GB dan graphic card Radeon R5 M320 1 GB.

Nah, itulah sedikit perkenalan dengan software Solidwork ini, ikuti terus tutorial lainnya untuk mempelajari materi seputar penggunaan software Solidwork ini.

Jika Anda menggunakan komputer atau laptop 32 bit, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi SolidWorks, yaitu dengan menggunakan versi SolidWorks yang support dengan sistem operasi 32 bit.

Selain versi berbayar, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan menggunakan lisensi Student Edition.

Post a Comment

0 Comments

close