Kendaraan Anda boros? Begini Cara Mengemudi Agar Hemat BBM

Berkendara adalah salah satu yang pasti dan hampir setiap hari kita lakukan. Dan ritual itu pastinya membutuhkan yang namanya Bahan Bakar. Benar?
Namun bagaimana cara agar kita menghemat bahan bakar sedangkan kita selalu berkendara? Berikut solusinya.



1. Menjaga putaran mesin
Selalu perhatikan putaran mesin anda. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah juga, karena jika putaran mesin terlalu tinggi maka suplai bahan bakar akan semakin banyak, begitu juga sebaliknya, jika putaran mesin terlalu rendah maka butuh injakan pedal gas menambah kecepatan.

2. Mengemudi cerdas
Disini maksudnya cara mengemudi jangan terlalu agresif, santai saja. Karena kendaraan melaju dengan kecepatan 100km/jam akan menggunakan bahan bakar sekitar 15% lebih banyak dari pada melaju dengan kecepatan 80km/jam.



3. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak
Akselerasi mendadak akan membuat ECU akan memerintahkan menyuplai bahan bakar hingga maksimal. Sedangkan jika melakukan pengereman mendadak, maka pastinya akan menginjak pedal gas lebih dalam agar mencapai kecepatan semula.

4. Gunakan BBM dengan oktan yang sesuai
Performa mesin dan konsumsi bahan bakar akan membaik saat menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan sesuai rekomendasi pabrik.

5. Gunakan AC secukupnya
Menggunakan AC juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar, karena AC juga membebani mesin kendaraan. Gunakanlah AC secukupnya, jangan berlebihan saat menggunakannya.

6. Jaga tekanan ban
Jika ban kempes, maka akan mesin akan lebih terbebani sehingga konsumsi bahan bakar akan meningkat. Sedangkan jika memompa ban terlalu berlebihan maka akan mengacaukan kendali mengemudi.



Demikian penjelasan secara umum mengenai cara mengemudi agar hemat BBM, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

close