Komponen Utama Mesin (1)

Mesin adalah sumber putaran dari suatu kendaraan, tanpa mesin kendaraan bermotor tidak akan bisa bekerja. Berikut adalah komonen-komponen mesin, diantaranya:

1. Cylinder block
Cylinder block adalah rangka utama yang menjadi penopang suatu mesin. Cylinder block memiliki banyak desain seperti a) inline, dimana semua cylindernya diletakkan dalam satu baris, b) v engine yang memisahkan cylinder menjadi dua baris dan block engine membentuk huruf V.



2. Cylinder
Cylinder adalah lubang-lubang yang ada pada engine yang berfungsi sebagai rumah piston, pembentuk ruang bakar, pembuang panas dari piston.



3. Piston
Tugas dari piston yaitu memindahkan gaya hasil pembakaran ke connecting rod, menyekat ruang bakar, menyerap panas yang berlebihan dari ruang bakar. Piston dipasang di cylinder liner dan bergerak naik turun selama proses pembakaran.



4. Connecting Rod
Connecting rod terpasang di setiap piston, berfungsi untuk memindahkan gaya dari piston ke crank shaft/poros engkol.


5. Crank shaft
Ujung lain dari connecting rod berfungsi untuk memutar crank shaft yang ada di bawah engine block. Crank shaft memindahkan gerakan berputar ke fly wheel. Crank shaft merubah gaya naik turun piston menjadi gaya putaran untuk melakukan kerja.


Post a Comment

0 Comments

close