Mau Kendaraan Bermotor Awet Muda? Lakukan Langkah Berikut

Di zaman sekarang ini, banyak sekali beragam jenis kendaraan bermotor, baik roda dua maupun lebih. Dengan tenologi mesin yang seperti sekarang ini, tidak menutup kemungkinan kendaraan bermotor khususnya sepeda motor dipakai untuk perjalanan jauh. Namun yang perlu kita perhatikan yaitu bagaimana agar kendaraan kita selalu dalam keadaan prima? Berikut tipsnya

1. Tips Untuk Sepeda Motor Baru
Manfaatkan service gratis dari dealer. Biasanya untuk service pertama juga disertai dengan penggantian oli. Untuk sepeda motor baru, mesin juga butuh untuk penyesuaian dahulu, dan juga lakukan penggantian oli mesin di km 500.



2. Mengganti Oli
Lakukan penggantian oli secara berkala, jangan sampai terlambat. Karena kalau sampai terlambat, kekentalan oli akan berubah dan hal itu akan membuat komponen pada mesin mengalami keausan sedikit demi sedikit. Gantilah oli dengan kekentalan yang direkomendasikan oleh pabrik. Biasanya orang akan mengganti oli motor berdasarkan lamanya pemakaian motor, biasanya berdasarkan hitungan bulan. Namun cara seperti ini terkadang tidak baik juga untuk mesin motor, karena untuk kondisi tertentu kita juga jarang menggunakan motor atau di waktu lainnya terlalu sering. Terlalu cepat dalam mengganti oli merupakan pemborosan dan terlalu lambat mengganti oli juga sangat buruk bagi mesin motor. Disiplin dalam mengganti oli motor dan berpatokan pada batas kilometer pemakaian oli tersebut akan membuat motor tetap selalu prima. Perhatikan juga volume oli, harus sesuai dengan kapasitas mesin, jangan kurang dan jangan lebih.
3. Rutin Tune-up
Setelan mesin motor dapat berubah, oleh karena itu lakukanlah tune secara berkala. Untuk waktu melakukan tune-up biasanya sudah disertakan di buku petunjuk motor. Biasanya berdasarkan kilometer, namun apabila motor sudah terasa berat tidak seperti biasanya, maka segera lakukanlah tune-up.



4. Menggunakan Sepeda Motor Untuk Perjalanan Jauh
Seringkali sepeda motor digunakan untuk perjalanan jauh diatas 80 km. Melakukan perjalanan jauh seperti itu akan membuat mesin menjadi panas dan menyebabkan oli menjadi encer, oleh karena itu sebelum melakukan perjalanan jauh, lakukan penggantian oli mesin terlebih dahulu. Selain itu istirahatkanlah kendaraan bermotor setiap perjalanan sekitar 80 km, setelah itu lanjutkan kembali perjalanan.

5. Perhatikan Kebersihan Kendaraan
Kebersihan kendaraan juga berpengaruh terhadap keawetan sepedda motor. Lakukan pencucian kendaraan, terlebih lagi jika setelah kehujan. Karena hal itu akan menyebabkan korosi pada kendaraan dan membuat kendaraan cepat rusak.

Post a Comment

0 Comments

close