Cara ampuh melawan virus komputer

Virus dan komputer sudah seperti layaknya manusia dan penyakit di dunia nyata. virus sendiri merupakan masalah yang kompleks dan rumit.di mana antivirus sudah update, virus komputer juga ikut berkembang.

Cara ampuh melawan virus komputer


Virus pada komputer biasanya hanya bersifat mengganggu bahkan ada juga yang bersifat merusak tergantung tujuan dari si pembuat virus ini. Ada yang hanya menyisakan shortcut, duplikat file, atau gangguan ringan lainnya pada komputer, tetapi kadang ada juga yang bertujuan merusak system baik software maupun hardware. untuk itu kita tidak boleh mengabaikan jika laptop atau komputer kita terkena virus.

Untuk itu ada beberapa tips untuk mengatasi serangan virus laptop komputer dari serangan virus :

1. Scan komputer dengan antivirus yang ada,

Hal ini merupakan salah satu saran klasik yang sudah sangat umum dalam pencegahan terhadap serangan viurs. untuk sekarang kemungkinan besar setiap pc pasti sudah di install dengan minimal 1 antivirus untuk melakukan proteksi. langkah yang harus anda lakukan adalah melakukan scan pada komputer atau laptop anda.

2. Update antivirus

Lakukan update Anti virus yang kita pakai baik secara offline dengan menginstal update via file dari CD atau flashdisk ataupun secara online via internet. Meskipun tindakan ini sudah terlambat karena virus telanjur menyerang, namun tidak ada salahnya dicoba. Terkadang teknik seperti ini masih dapat membuahkan hasil. Seharusnya memang update kita lakukan sebelum virus menyerang, tapi apa boleh buat nasi sudah menjadi bubur. Komputer sudah telanjur terinfeksi. jadi terpaksa tetap kita kerjakan. Jika sampai fase ini ternyata kita beruntung, virus terdeteksi dan berhasil dilumpuhkan, kita boleh bersyukur. jika gagal lakukan cara berikutnya (biasanya virus akan melakukan proteksi dirinya dengan menggalkan proses update atau menutup aplikasi antivirus)

3. Ganti dengan program antivirus lainnya

Jika Anti virus standar kita gagal berfungsi atau mendeteksi virus, mungkin ide yang baik, jika kita menginstal program Anti virus lain yang kita miliki. Meskipun tidak terjamin 100 persen, tapi
terkadang dapat menyelesaikan masalah. Pastikan kita telah mempunyai “stock” program AntiVirus buatan luar negeri yang cukup banyak dikenal. Mungkin jika sebelumnya kita memakai McAffe, dapat kita ganti dengan AVG, atau Avira, atau ClamWin, atau program AntiVirus lainnya.

4. Gunakan removal tool

Jika tindakan scanning dengan Anti virus standar manca negara, tidak dapat menyelesaikan masalah, saatnya mencoba tool khusus removal virus. Pada beberapa kasus, tool removal ini dapat mendeteksi dan mematikan virus yang ada di memory. Lalu melakukan proses perbaikan file yang bermasalah atau mungkin menghapus file yang tidak dapat ditangani. Cari dan download sembarang removal tools yang ada dari internet. Lalu jalankan saja satu demi satu. Ini terpaksa kita lakukan karena kita tidak tahu pasti virus apa yang sedang menyerang. Jika beruntung, ada kemungkinan virus akan terdeteksi dan dimatikan.

5. Memakai scan online

Jika masih saja virus tidak dapat dideteksi secara scan normal dan removal tools, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah memakai jasa scanning online. Cara ini adalah memanfaatkan scanning dari web via internet langsung ke komputer kita. Banyak jasa scan online ini bertebaran di internet. Tujuan kita melakukan hal ini adalah untuk mencari tahu, virus apa yang sebenarnya sedang menyerang komputer kita. Jika beruntung, kita akan segera tahu virus apa yang sedang menyerang. Dengan mengetahui jenis yang menyerang, tindakan yang dapat dilakukan untuk mencari obatnya tentu saja akan jauh lebih mudah. Jika sudah diketahui jenisnya, kita dapat mencari penawarnya via searching google di internet.

6. Mencari antivirus lokal

Jika dengan scan online masih saja tidak membuahkan hasil, saatnya mencari AntiVirus lokal. Virus yang menyerang mungkin buatan lokal dan mungkin varian baru sehingga AntiVirus luar belum dapat mendeteksinya. Banyak sekali AntiVirus lokal yang dapat dimanfaatkan. Kumpulkan sebanyak yang kita mau dan coba install dan jalankan. Siapa tahu virus malahan akan terdeteksi dengan mudah. bahkan anda bisa memadukan dengan menggunakan antivirus lokal dan non lokal.

7. Install ulang

Ini adalah jalan terakhir jika virus yang terdapat di pc sudah bandel dan tidak bisa di kendalikan lagi, meskipun merepotkan tetapi cara terakhir biasanya terbukti lebih ampuh. itulah beberapa tips untuk melawan virus yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment

0 Comments

close