Cara mengaktifkan https di custom domain blog

Custom domain blog yang kita gunakan saat ini sudah di dukung dengan SSL yang akan membuat link halaman di blog kita lebih aman karna data antara client dan server sudah terenkripsi.

Cara mengaktifkan https di custom domain blog

Tanpa menggunakan SSL biasanya link blog custom domain kita akan ada indikasi Not Secure pada tab web browser.

Kabarnya pengideksan pencarian google juga mengutamakan web yang menggunakan https atau di dukung SSL di bandingkan http karena berkaitan dengan keamanan.

Jadi alangkah baiknya jika kita sudah menggunakan custom domain pada blog, segera kita aktifkan penggunaan https tersebut.

Bagaimana cara mengaktifkannya ?

1. Silahkan login ke dashboar Anda, lalu pilih menu ‘SETELAN”

Cara mengaktifkan https di custom domain blog

2. Pada bagian “HTTPS” di menu “Ketersediaan HTTPS” Ganti dari “Tidak” Menjadi “Ya”, Tunggu beberapa saat sampai “Pengalihan HTTPS” di aktifkan, refresh halaman sekitar 2-3 menit paling lama.

3. Setelah “Pengalihan HTTPS” aktif, silahkan ganti dari “Tidak” Menjadi “Ya”.

Setelah pengaturan selesa, silahkan ganti seluruh tulisan HTTP ke HTTPS di struktur kode yang ada di blog Anda, hal ini untuk menghindari kerancuan keamanan karena masih tercampur antara HTTP dan HTTPS. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke admin blog, kemudian pilih menu “Tema”

Cara mengaktifkan https di custom domain blog

2. Pilih “Edit HTML”

Cara mengaktifkan https di custom domain blog

3. Kemudian tekan CTRL + F dan cari kata HTTP kemudian ganti menjadi HTTPS
4. Kemudian simpan perubahand dengan mengklik “Simpan Tema”.

Note : Agar lebih mudah, gunakan teks editor seperti sublimer text atau notepad++, caranya copy kan semua code blog, kemudian paste ke text editor, lalu gunakan fitur Replace pada text editor tersebut dan pastekan kembali ke dalam halaman edit tema di blog Anda.

Setelah konfigurasi selesai, maka sekarang saat mengunjungi blog milik Anda sudah ada tulisan HTTPS di depannya. Kini blog Anda sudah terenkripsi dengan SSL dan lebih di percaya untuk bertransaksi data yang sifatnya sensitif.