Cara menghilangkan error DIV pada excel

Error div adalah tanda error yang akan keluar jika ada suatu bilangan yang di bagikan dengan angka 0, Contoh jika kita membagikan antara 200 / 0, maka pada hasil di excel akan menampilkan error #div/0!.
Lalu bagaimana cara untuk menghilangkannya ?

Caranya adalah dengan menggunakan bantuan rumus excel iferror. Fungsi iferror adalah mengganti kode error menjadi bilangan atau hasil lainnya yang akan kita ganti jika di temukan kode error pada suatu kolom.

Rumus if error adalah sebagai berikut :

= IFERROR (Rumus Asli), "Pengganti")

Contoh : Kita memiliki angka 0 di cel B3 sampai B6, kemudian angka 50 di cell C3 sampai C6, di cell D3 sampai cell D6 adalah hasil yang akan tampil ketika kita menggunakan rumus iferror atau tidak menggunakan rumus.

Cara menghilangkan error DIV pada excel


Dari rumus di atas, Jika di temukan pembagian antara suatu bilangan dengan angka 0 yaitu antara cell C3 di bagi B3, maka hasilnya akan error dengan pesan #DIV/0!, namun di cell selanjutnya error tersebut kita gantikan dengan variabel pengganti yaitu angka 0, kosong, dan kata "kata pengganti", maka akan keluar hasil sesuai dengan yang kita inputkan tadi di kolom D3 sampai D6 jika menemukan pembagian dengan angka 0.

Jika tidak di temukan pembagian dengan angka 0 atau kode error, maka rumus yang kita masukkan lah yang akan di eksekusi ( pada contoh C4/B4 ).

Itulah cara sederhana untuk menghilangkan error #DIV/0! pada aplikasi microsoft excel.

Post a Comment

0 Comments

close