Fungsi Terapan pada excel if or dan and

Terdapat tiga fungsi terapan yang bisa kita gunakan di dalam aplikasi microsoft excel. kenapa kita harus menggunakan fungsi dan tidak manual ? Jika kita membuat sesuatu yang sifatnya berulang dan membutuhkan hasil yang dinamis, akan lebih mudah dengan menggunakan bantuan logika yang terdapat di aplikasi excel.

Fungsi Terapan pada excel if or dan and

Hal tersebut di karenakan sifat dari logika bersifat fleksibel dan dinamis dan hasil yang di keluarkan sesuai dengan parameter yang kita berikan sebelumnya.

Untuk dapat memahami fungsi-fungsi yang terdapat di dalam excel, sebaiknya jangan sistem hapal. Karena sistem hapal saja tidak akan bertahan lama, tetapi usahakan di peraktekkan terus menerus sampai paham.

Fungsi IF

Fungsi if adalah fungsi yang bisa kita gunakan untuk membuat pilihan pada hasil akhir yang kita inginkan. Secara manusiawi bisa kita terjemahkan menjadi " Jika "Nilai parameter" maka akan bernilai benar, atau bernilai salah.

=IF(Logical_test,Value_if_true,Value_if_false) atau =IF(tes_logika;nilai_jika_benar;nilai_jika_salah)

Contoh :

Jika Nilai di atas atau sama dengan 50 sama dengan lulus, jika di bawahnya maka tidak lulus. Bisa kita masukkan ke rumus excel menjadi seperti di bawah ini.

=IF(B3>=50,"Lulus","Tidak") Maka hasilnya akan menghasilkan True atau Lulus.

Fungsi Terapan pada excel if or dan and

Kenapa bisa demikian ? Karena logika parameter yang kita masukkan masih di antara range 50 ke atas, maka sesuai dengan parameter tersebut hasil akhirnya akan bernilai true. Coba anda ganti angka 50 di cell C3 dengan angka di bawah 50, misalkan 40, maka akan menghasilkan nilai false atau 'Tidak' pada bagian Hasil.

Note : Untuk menuliskan Text pada parameter atau hasil harus menggunakan petik 2 seperti gambar di atas, kecuali untuk angka.

Untuk artikel selanjutnya akan kita bahas mengenai penggunaan rumus OR dan AND.

Post a Comment

0 Comments

close