Memulai lembar kerja pada solidwork

Pada aplikasi Solidwork, yang harus kita ketahui adalah bahwa lembar kerja yang di miliki terdiri dari tiga bagian, yaitu Part, Assembly dan Drawing.

Nah jadi sebelum kita memulai lembar kerja, kita tentukan terlebih dahulu tujuan dari lembar kerja yang akan kita buat, apakah membuat part atau komponen, assembly atau pemasangan komponen, atau ingin membuat detailing dari model yang sudah kita buat sebelumnya.


Untuk tutorial yang pertama, kita akan memulai lembar kerja dengan menggunakan lembar kerja Part terlebih dahulu.

Pertama-tama, silahkan buka aplikasi solidwork yang sudah Anda install sebelumnya.

Kemudian silahkan klik icon kertas kosong ( NEW ) atau dari menu File > New.

Maka akan muncul 3 Pilihan lembar kerja yang seperti sudah saya jelaskan sebelumnya.

Silahkan pilih lembar kerja Part dengan mengklik kiri 2x pada bagian menu Part.


Setelah lembar kerja terbuka, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menentukan terlebih dahulu Plane atau bidang yang akan kita gunakan, Kita bisa menggunakan Front plane, Top plane atau Right plane, untuk memulai bidang kerja yang akan kita gunakan nantinya.

Selain dari ketiga plane standar tersebut, nantinya kita juga bisa membuat plane kita sendiri. Tetapi untuk mempermudah pemahaman, kita pelajari terlebih dahulu plane standar bawaan Solidwork.

Plane sendiri adalah salah satu bagian yang harus kita pahami baik-baik, karena penentu dari gambar yang akan kita buat, tidak akan lepas dari plane tersebut.


Disini saya akan contohkan dengan menggunakan Front plane atau Bidang depan untuk memulai proses menggambar. Silahkan klik Front plane pada menu di sebelah kiri (lihat yang berwarna biru di sebelah kiri).

Anda juga tetap bisa memilih Plane lainnya seperti Top plane atau Right Plane untuk memulai bidang gambar yang akan Anda gunakan.


Kemudian, klik kanan pada Front Plane tersebut (atau plane lainnya yang ingin Anda gunakan) dan pilih Sketch, atau ganti sub menu dari Features ke Sketch pada menu di atasnya dan pilih Sketch seperti pada gambar di atas.

Sekarang kita sudah bisa mengambar dengan menggunakan bidang kerja yang sudah kita buat sebelumnya seperti pada gambar di bawah ini.


Untuk memudahkan penggambaran objek ke depannya, usahakan untuk membiasakan memulai center point gambar berada di tengah garis merah pada lembar kerja seperti pada gambar di atas.

Hal ini akan berpengaruh pada proses detailing untuk lebih mempermudah. Tetapi Anda tetap bisa menggambar di posisi manapun yang Anda inginkan tanpa harus meletakkan center point gambar pada posisi tengah garis merah pada Plane yang Anda gunakan.

Nah untuk selanjutnya akan kita bahas mengenai penggunaan tools standar pada penggambaran 2Dnya terlebih dahulu. Silahkan ikuti di artikel berikutnya.

Post a Comment

0 Comments

close