Cara membackup data blog di blogspot

Jika di artikel sebelumnya kita membahas tentang backup template, kali ini yang akan kita bahas akan lebih bermanfaat lagi, yaitu membackup data blog.

Cara membackup data blog di blogspot

Data disini berupa halaman, postingan, dan komentar. Bisa di bilang databasenya blog yang sudah pernah kita buat.

Hal ini sangat di anjurkan di lakukan berkala, jika kita merasa konten di blog tersebut cukup penting.

Tentu kita tidak ingin kehilangan total hasil jerih payah yang sudah di buat mungkin selama berbulan bulan bahkan bertahun tahun hilang begitu saja jika terdapat masalah.

Tetapi tenang saja, blogspot memiliki fitur untuk melakukan backup data pada blog yang kita miliki. Caranya juga cukup mudah, yaitu :
  1. Login ke halaman dashboard blog
  2. Silahkan pilih menu Setting -> Other -> pilih Back up content untuk menyimpan salinan data, dan pilih Import Content jika ingin mengaplikasikan hasil back up an ke halaman blog.Cara membackup data blog di blogspot
Dengan begitu, kita masih bisa merasa tenang jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan karena kita sudah memiliki backup an data tersebut.

Pembackupan data ini sebaiknya di lakukan secara periodik, mungkin bisa per minggu sekali, per bulan sekali atau per tiga bulan sekali, tergantung keinginan Anda, makin sering di backup tentu saja akan semakin baik untuk menjaga data salinan tersebut lebih up to date.

Post a Comment

0 Comments

close