Attribut standar untuk karyawan di industri elektronik

Perusahaan elektronik tidak bisa sembarangan mengijinkan karyawan yang ada di dalamnya untuk menggunakan pakaian bebas untuk memasuki area kerja.

Perusahan elektronik mempunyai standar khusus untuk seragam yang di gunakan dengan tujuan untuk mengatasi masalah ESD.



Tentunya seragam atau attribut standar di buat sesuai dengan kebutuhan dari job desk tersebut.

Misalnya pada pekerja galangan atau mekanik menggunakan wear pack, hal tersebut di maksudkan untuk masalah safety dan kebebasan gerak dari pekerja tersebut.

Atau mengapa pekerja Bank menggunakan pakaian rapi, tentu saja karena yang di hadapi adalah customer atau pelanggan, pakaian wearpack tentu tidak sesuai dengan job desk yang mereka kerjakan.

Begitu juga dengan industri elektronika, ada attribut dan seragam khusus yang di desain dengan tujuan khusus.

Syarat standar attribut yang di gunakan di industri elektronika yaitu harus bisa untuk mencegah pengaliran listrik dari tubuh manusia ke perangkat elektronika yang ada di dalamnya.

Hal tersebut di karenakan pada perangkat elektronika banyak komponen yang sifatnya sensitif bahkan dari aliran listrik kecil yang di keluarkan tubuh manusia.

Berikut ini adalah beberapa standar attribut dari perusahaan elektronik khususnya yang bekerja di line produksi atau di lapangan produksi.

1. Pakaian ESD


Pakaian standar yang di gunakan di perusahaan elektronik harus menggunakan pakaian yang bisa mencegah elektrikal yang terdapat di tubuh manusia agar tidak tersalur ke PCB yang ada di area produksi.

Hal tersebut untuk menghindari kerusakan kecil maupun besar di material elektronika.

Pakaian ini terdiri dari baju dan celana yang keduanya memiliki kemampuan yang sama untuk menangkal aliran listrik di tubuh pengguna agar tidak terselur ke PCB

2. Topi ESD


Topi ini gunanya adalah untuk mencegah rambut agar tidak terjatuh  ataupun tersangkut di area kerja, selain itu fungsi utamanya sama dengan pakaian ESD di atas yaitu mencegah adanya listrik statik mengalir ke PCB.

3. Sepatu ESD


Sepatu ESD ini fungsinya tetap sama dengan attribut ESD lainnya. Fungsinya adalah untuk meminimalisir atau menghilangkan electrical yang di hasilkan dari gesekan kaki ketika berjalan di lantai.

Sepatu ini hanya di ijinkan untuk di gunakan di area dalam saja dan tidak di perbolehkan di pergunakan di luar area.

4. Hand Glove ESD


Fungsi dari hand glove ESD ini berfungsi untuk mencegah muatan listrik dari tubuh tersalur ke PCB ketika kita memegang PCB tersebut.

5. Wristrap


Wristrap ini bisa di gunakan di pergelangan tangan maupun kaki, wristrap ini berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik dari tubuh ke grounding yang terpasang di line.

6. Kartu Identitas Karyawan


Kartu identitas ini umum di gunakan di seluruh industri apapun bidangnya, fungsinya adalah untuk mengetahui identitas dan hak akses dari karyawan tersebut.

Nah, Itulah beberapa attribut standar karyawan yang di gunakan di industri elektronika terutama yang bekerja di area lapangan langsung.

Selain itu, untuk memasuki area kerja yang terdapat barang elektronika, attribut seperti cincin, gelang dan jam tangan juga di larang masuk ke area kerja karena akan menyebabkan masalah yang berkaitan dengan ESD.

Post a Comment

0 Comments

close