Pentingnya ESD di dalam industri elektronika

ESD atau electro statistic discharge dapat di artikan sebagai pembuang listrik statis ( Menurut wikipedia : Listrik statis adalah ketidak seimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda.

Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. Listrik statis kontras dengan arus listrik, yang mengalir melalui kabel atau konduktor lainnya dan mentransmisikan listrik.)


Contoh listrik statis adalah adanya Petir. Ketika petir menyambar ke bumi melalui perantara pohon atau manusia yang tersambar petir, Proses terjadinya pembuangan statis (Petir) dari awan ke bumi atau tanah ini bisa kita sebut dengan ESD.

Tentu efek petir ini sangat berakibat fatal untuk manusia, bisa menyebabkan meninggal dunia atau pun cacat secara fisik. Hal ini juga berlaku pada komponen elektronika di industri.

Karna tubuh kita juga mengandung listrik statis ( Salah satu contohnya adalah ketika menggosok gosokan penggaris ke bulu tangan maka bulu tangan akan berdiri. ). maka komponen-komponen elektronika juga bisa di ibaratkan manusia yang menerima listrik statis dari petir tadi.

Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada life time produk yang semisal bisa bertahan selama 4 tahun menjadi hanya bertahan 2 tahun. atau bahkan kerusakan langsung pada komponen yang lebih sensitif.

Maka dari itu, ESD sangat penting sekali untuk mengatasi dampak listrik statis di industri elektronika.

Beberapa cara mengatasi masalah ESD di perusahaan :

1. Wris Strap

Fungsi dari wistrap adalah membuang aliran listrik statis dari tubuh kita melalui grounding.

2. ESD Clothes

Fungsinya adalah untuk membatasi medan listrik statis yang timbul dari diri kita terhadap komponen dan meja kerja.


3. Static Dissipative Finger Coat

 Fungsinya adalah untuk membuang muatan litrik statis dan menghindari terjadinya pemuatan elektron.


4. ESD Shoes

Fungsinya adalah membuang muatan listrik statis dari tubuh ketika berjalan sambil memegang komponen elektronika.


5.  Grounding and Ionizer : Perlengkapan ESD ditempat kerja


Perlengkapan perlindungan ESD yang juga perlu diperhatikan adalah pembuangan litrik statis dari equipment, mesin dan meja kerja yang ada perlu juga disediakan sarana pembuangan listrik statis melalui peng-grouding-an. 

Jenis perlengkapan yang lain adalah Ionizer, yang mana memiliki fungsi menetralisir “perubahan” muatan yang terjadi ketika proses kerja dilakukan dengan komponen (terutama dipasang di area kerja sensitif dimana ada parts yang sangat sensitif di kerjakan). 

Ionizer akan menghasilkan muatan proton dan elektron dalam jumlah yang seimbang dan benda kerja yang ada dalam jangkauan kerja ionizer akan mengambil “muatan seperlunya” sebatas menghilangkan ketidak seimbangan muatan yang mungkin terjadi.

Post a Comment

0 Comments

close